Home / Berita Umum / Isyarat Terjadinya Hujan Deras/Es Diikuti Kilat/Petir Serta Angin Kencang Berdurasi

Isyarat Terjadinya Hujan Deras/Es Diikuti Kilat/Petir Serta Angin Kencang Berdurasi

Isyarat Terjadinya Hujan Deras/Es Diikuti Kilat/Petir Serta Angin Kencang Berdurasi  – Ini sore, lokasi Jakarta serta seputarnya alami hujan lebat diikuti angin kencang. Tetapi rupanya, hujan es turun juga di sebagian lokasi ibu kota.

Berdasarkan info Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) , hujan es adalah pertanda cuaca alamiah yg biasa berlangsung.

Lewat info tertulisnya, Humas BMKG memberikan, peristiwa hujan deras atau es diikuti kilat atau petir serta angin kencang berdurasi singkat tambah banyak berlangsung pada waktu pertukaran/pancaroba musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau demikian sebaliknya.

Selanjutnya 8 isyarat terjadinya hujan deras/es diikuti kilat/petir serta angin kencang berdurasi singkat :

1. 1 hari awal kalinya hawa waktu malam hari sampai pagi hari merasa panas serta gerah,

2. Hawa merasa panas serta gerah dipicu ada radiasi matahari yg cukuplah kuat ditampakkan oleh nilai ketaksamaan suhu hawa pada waktu 10. 00 serta 07. 00 LT (lebih dari 4. 5 derajat Celcius) diikuti dengan kelembapan yg cukuplah tinggi ditampakkan oleh nilai kelembapan hawa di susunan 700 mb (lebih dari 60 prosen) .

3. Mulai waktu 10. 00 pagi kelihatan tumbuh awan Cumulus (awan putih berlapis–lapis) , di antara awan itu ada satu model awan yg miliki batas sekitarnya sangatlah jelas berwarna abu–abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

4. Babak seterusnya awan itu bakal cepat berganti warna berubah menjadi abu–abu/hitam yg diketahui dengan awan Cb (Cumulonimbus) .

5. Pohon pohon di sekitar tempat kita berdiri ada dahan atau ranting yg mulai bergoyang cepat,

6. Merasa ada sentuhan hawa dingin di sekitar tempat kita berdiri.

7. Kebanyakan hujan yg pertama turun merupakan hujan lebat datang – datang, seandainya hujannya gerimis karena itu peristiwa angin kencang jauh dari tempat kita.

8. Apabila satu hingga tiga hari berturut–turut tak ada hujan pada musim pertukaran/pancaroba/penghujan, karena itu ada isyarat kemampuan hujan deras yg pertama turun disertai angin kencang baik yg masuk dalam category puting beliung atau yg tak.

Pembawaan Angin Kencang

Tidak hanya itu, Humas BMKG pun menerangkan sifat-sifat angin kencang berdurasi singkat yg mungkin berlangsung.

9 sifat-sifat puting beliung/angin kencang berdurasi singkat :

1. Sangatlah lokal,

2. Luasannya kira-kira 5 – 10 km,

3. Saatnya singkat lebih kurang kurang dari 10 menit,

4. Paling sering berlangsung pada peralihan musim (pancaroba) ,

5. Paling sering berlangsung pada siang atau sore hari, serta kadangkala saat malam hari,

6. Bekerja dengan cara garis lurus,

7. Tak dapat diperhitungkan dengan cara spesifik, cuma dapat diperhitungkan 0, 5 hingga 1 jam sebelum peristiwa apabila menyaksikan atau rasakan tanda–tandanya dengan tingkat keakuratan lebih dari 50 prosen,

8. Cuma datang dari awan Cumulonimbus (tidak dari gerakan angin monsoon atau gerakan angin umumnya) , namun tak semua awan Cb menyebabkan puting beliung,

9. Kemungkinannya kecil buat berlangsung kembali pada tempat yg sama.

About admin