Home / Berita Umum / Disandera KKB, 16 Guru dan Tenaga Medis Diancam Kekerasan dan Asusila

Disandera KKB, 16 Guru dan Tenaga Medis Diancam Kekerasan dan Asusila

Disandera KKB, 16 Guru dan Tenaga Medis Diancam Kekerasan dan Asusila – 16 orang Guru serta Tenaga medis yang bekerja di Mapenduma, kabupaten Nduga, Papua disandera oleh golongan kejahatan bersenjata (KKB) Papua. Saat dalam penyanderaan mereka diancam tindak kekerasan serta asusila.

“Benar berlangsung penyanderaan oleh KKB pada guru serta tenaga medis di Mapenduma, Kabupaten Nduga kemarin. Kamis (18/10) mereka baru di lepaskan serta saat ini telah ada di Wamena,” tutur Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal kala dihubungi, Minggu (21/10/2018).

Menurut Kamal, berdasar pada pernyataan satu diantaranya korban MN, guru SD YPGRI 1 Mapenduma, kalau dianya sendiri berbarengan 15 orang guru yang lain serta tenaga kesehatan di Distrik Mapenduma udah ditahan serta mendapatkan ancaman mulai sejak tgl 3-17 Oktober 2018 oleh golongan KKB pimpinan Egianus Kogeya yang mengatakan jadi adik dari Kelly Kwalik. Pada Kamis, 18 Oktober 2018 mereka di lepaskan sehabis Kepala Puskesmas Distrik Mapenduma sehabis dijalankan negosiasi.

“Satu orang korban kekeras fisik serta asusila udah diterbangkan ke Jayapura serta waktu ini dirawat di RS Bhayangkara Jayapura serta satu orang kembali dirawat di RSUD Wamena,” tutur Kamal.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nduga, Fredik Samuel Bapundu pun membetulkan ada perbuatan pengancaman serta penyanderaan pada banyak guru serta tenaga kesehatan itu. Menurut Fredrik, Golongan KKB mencurigai banyak guru serta tenaga kesehatan itu jadi Aparat Keamanan yang menyamar dalam rencana mencari kabar gerakan golongan KKB di lokasi itu.

“Sebelumnya saya tidak yakin ada perbuatan penyanderaan itu, sebab kabar yang saya terima cuma ada penolakan pada guru serta tenaga medis yang bekerja di lokasi itu, hingga saya mencari kabar yang sebetulnya. Sesudah itu baru kami berupaya untuk mengerjakan negosiasi serta membawa mereka keluar dari tempat itu,” katanya.

Distrik Mapenduma ada di Kabupaten Nduga, Papua untuk capai lokasi Distrik Mapenduma ini dapat digapai dengan pesawat model Caravan dari Wamena, lalu jalan darat WamenaYali memakai mobil double gardan saat 8 jam.

Di Distrik Mapenduma ini ada 2 sekolah yakni SD YPGRI Mapenduma serta SMPN Mapenduma serta 1 unit Puskesmas. Sesaat untuk jaringan cuma dapat dijalankan dengan radio call, dan jaringan komunikasi selular belum juga ada.

About admin