Home / Berita Umum / Ada 11 Kelompok Kejuaraan Yang Akan Diperebutkan Oleh Peserta

Ada 11 Kelompok Kejuaraan Yang Akan Diperebutkan Oleh Peserta

Ada 11 Kelompok Kejuaraan Yang Akan Diperebutkan Oleh Peserta – Bangun dari gempa bumi, 42 sanggar teater remaja akan bersaing merebutkan Piala Gubernur NTB. Mereka akan mementaskan naskah bertopik gempa.

Pengalaman rasakan musibah gempa bumi jadi salah satunya ide buat beberapa sanggar teater pelajar SMA di NTB yang akan tampil dalam Festival Teater Moderen Pelajar ke-20.

Tahun ini, Unit Pekerjaan Mahasiswa Teater Putih FKIP Kampus Mataram kembali mengadakan Festival Teater Moderen Pelajar (FTMP) SMA se-NTB. Festival ini jadi arena yang cukuplah berprestise di kelompok pelajar semenjak pertama-tama diselenggarakan tahun 1999 yang lalu.

Semua kabupaten serta kota di NTB ikut juga mewakili setiap daerahnya dalam festival tahun ini. Sekitar 42 sanggar SMA serta MA yang akan unjuk kreatifitas mereka menanggapi kejadian sosial untuk menampilkannya ke dalam pertunjukan teater pada 6-17 November yang akan datang. Topik garapan teater sebagai titik singgung dari sanggar sekolah ini juga bermacam.

“Dari naskah yang akan dipentaskan, banyak peserta mengusung permasalahan musibah gempa bumi yang berlangsung di NTB tempo hari serta banyak pula yang mengusung kebiasaan atau budaya lokal,” papar Hidayatullah, Ketua Teater Putih, Sabtu (3/11/2018).

Bangun dari Gempa, 42 Teater Pelajar Berebutan Piala Gubernur NTBFoto: Harianto/detikTravel

Ada 11 kelompok kejuaraan yang akan diperebutkan oleh peserta, yakni Penyaji Terunggul I, II, serta III, Penyutradaraan Terunggul, Aktor serta Aktris Terunggul, Aktor serta Aktris Pembantu Terunggul, Penata Artistik Terunggul, Penata Musik Terunggul, serta peserta Pendatang Baru Terunggul.

Tiap-tiap sanggar dikasihkan waktu pementasan optimal 60 menit. Peserta dibebaskan pilih sendiri naskah lakon yang akan dipentaskan dengan catatan berjenis realis konvensional.

Bangun dari Gempa, 42 Teater Pelajar Berebutan Piala Gubernur NTBFoto: Harianto/detikTravel

Festival Teater ini akan merebutkan Piala Bergilir Gubernur NTB serta berjalan di Taman Budaya Propinsi NTB.

Dapat dibuktikan dari tahun ke tahun, semenjak pertama-tama diselenggarakan festival ini jadi hanya satu arena kesenian teater yang menghadapkan sanggar-sanggar sekolah di NTB.

Pemirsa yang ada juga tetap penuhi ruangan gedung pertunjukan saat pekerjaan festival berjalan

About admin